Mencetak Berbagai Macam Jenis Produk cetakan, Kontak kami/WA : 081322155743 PIN BB DC102E7A. (MURAH, CEPAT, BERKUALITAS)

Monday, June 9, 2014

Tutorial Cara Membuat Brosur dengan Photoshop


contoh brosur promosiDitulisan kali ini saya akan berbagi informasi menarik tentang tutorial cara membuat BROUSUR dengan Photoshop CS3.

Membuat suatu media promosi melalui brosur belakangan ini sudah banyak yang menggunakannya, mulai dari promosi barang elektronik, pengobatan, promosi alat kesehatan, danlainnya.

Nah..Untuk membuat sebuah Brosur yang menarik, pastinya dibutuhkan keahlian mendesain, bagi kamu yang ingin belajar membuat desain brosur menarik khususnya brosur promosi, Nah..coba baca terus tulisan ini,

Kita akan membuat desain brosur untuk media promosi hadiah, untuk Desain brosur yang dibuat menggunakan 1 lipatan saja (hanya tampak bagian depan saja).

Untuk memudahkan kamu membuat desain brosur promosi ini, coba kamu lihat sketsa berikut:

Oke langsung saja, berikut panduan atau tutorial cara membuat brosur dengan photoshop CS3 :

Langkah 1
Pertama, buka Adobe Photoshop CS3 atau kalian dapat gunakan seri photoshop lainnya seperti Photoshop CS5, CS4 atau Photoshop CS2. Buat dokumen baru dengan memilih menu File > pilihNew, atur settingnya width : 15 cm, height : 21 cm, resolution : 300 px/inch, setelah itu klik Ok, kita akan mendapatkan dokumen yang masih kosong.

Langkah 2
Selanjutnya buatlah dokumen baru seperti langkah pertama, lalu coba kamu edit settingnya seperti ini width : 100 pixels, height : 50 pixels, resolution : 100 px/inch, dan jangan lupa pada bagian name, ketikan pattern, kemudian klik Ok, lebih jelasnya coba lihat gambar dibawah ini:

Langkah 3
Untuk bagian backgroundnya coba gunakan warna orange dan kuning. Selanjutnya pada dokumen ini aturlah warna di bagian foreground dan background dengan warna kuning (#ffff00) dan warna orange (#ff9900).

Langkah 4
Kemudian gunakanlah Paintbucket tool, letakkan warna kuning ke dalam kanvas, seperti gambar berikut:

Langkah 5
Selanjutnya tekan tombol X, memindahkan warna kuning menjadi orange, kemudian pilih rectangle marquee tool, lalu buatlah seleksi pada background setengah ukuran, langkah selanjutnya pilih paintbucket tuangkan warna orange di area yang telah terseleksi, kemudian tekan tombol Ctrl D, melepas area seleksi, lihat gambar dibawah:

Langkah 6
Untuk langkah selanjutnya coba kamu seleksi semua objek, lalu klik menu Select > pilih All (Ctrl +A), kemudian jadikan pattern klik menu edit lalu pilih define pattern. Kemudian pada jendela pattern, ketikan pada name : belang lalu klik Ok.

Langkah 7
Selanjutnya kamu bukalah kanvas kosong yang telah dibuat, kemudian masukan pattern yang dibuat kedalam kanvas, lalu klik menu Edit > pilih Fill, lalu pada contents use pilih pattern, dna pada custom pattern pilih objek pattern yang dibuat, lalu klik ok.
 Hasilnya..

Langkah 8
Selanjutnya berilah efek seperti cahaya, dengan menggunakan Polar Coordinates, kemudian klik menu Filter lalu pilih Distort, klik Polar Coordinates, lalu klik Ok.


Maka hasilnya akan seperti ini

Langkah 9
Selanjutnya masukan text menggunakan Horizontal Type Tool, kemudian settinglah fontnya seperti ini jenis : arial rounded mt bold, size : 30pt, warna : putih alignment : center, ketik teks nya kamu ketik BELI BUKU DAPAT LAPTOP lihat gmbar dibawah:

Langkah 10
Kemudian kamu tambahkan efek layer style (blending option), lalu masukan efek bayangan (drop shadow) dan settingan drop shadow, blend mode : normal, angle : 90 derajat, distance : 25, spread : 20, size : 28, kemudian kliklah Ok, untuk hasilnya lihatlah gambar berikut:

Langkah 11
Selanjutnya kamu buatlah teks efek seperti kaca spion (cembung) pada option bar text, klik Warp Text, pada bagian style pilih Bulge, lalu klik Ok, coba lihat gambar dibawah:

Dan hasilnya seperti gambar dibawah:

Langkah 12
Selanjutnya tambahkan info masa berlaku untuk promosinya. Caranya buatlah layer baru, lalu buat seleksi dengan rectangle marquee tool, pada layer baru tersebut, lihat gambar dibawah:

Langkah 13
Selanjutnya kamu tekan tombol Q, untuk masuk mode quick mask, seperti dibawah:

Langkah 14
Kemudian Klik menu filter > pilih pixelate > klik crystallize, dan setting pada cell sizenya 20 lalu klik Ok, efek ini akan membuat seperti sobekan kertas, lihat gambar dibawah:

Langkah 15
Selanjutnya kamu tekan tombol Q, sekali lagi untuk kembali ke mode normal.

Langkah 16
Kemudian masukan warna putih pada area yang terseleksi lalu tekan tombol Ctrl + Delete (pastikan warna foreground dan background nya hitam putih) kemudian lepaskan seleksi, tekan Ctrl + D.

Langkah 17
Selanjutnya tambahkan efek bayangan dengan layer style (blending option), kemudian pilih drop shadow dengan settingan seperti berikut; Blend Mode : multiply, angle : 115 derajat, distance :26, spread : 0, size : 13, lalu klik kotak use global light (hilangkan tanda centangnya), terakhir klik Ok. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah:

Langkah 18
Kemudian masukan teks Masa Promosi 01 Jan 31 Des 2010, kamu dapat memperbesar ukuran teks sesuai dengan ukuran kotak.

Langkah 19
Selanjutnya kamu masukan gambar buku yang sudah kamu persiapkan. Masukan kedalam kanvas pembuatan brosur seperti pada gambar dibawah:

Langkah 20
Selanjutnya, buang background putih pada buku dengan menggunakan Magic Wand Tools, setelah itu ubahlah tolerance dengan nilai 10, selanjutnya kamu kliklah area putih pada buku. Lihat gambar dibawah:

Langkah 21
Kemudian pada objek buku, tambahkanlah efek bercahaya dengan menu Outer Glow, pada layer style editlah settingan seperti berikut; blend mode : normal, opacity : 100%, warna : putih, spread : 20, size : 25, lalu klik Ok. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Langkah 22
Langkah selanjutnya, coba masukan gambar laptop yang sudah dipersiapkan, lalu lakukan langkah yang sama dari 19 samapi langkah ke 21, maka hasil nya lihat gambar dibawah:

Langkah 23
Selanjutnya untuk posisi laptop kamu ubahlah menghadap ke kanan dengan cara klik menu edit > pilih transform lalu klik flip horizontal.

Langkah 24
Kemudian kamu tambahkan teks dengan cara mengetik, untuk settingan seperti berikut; jenis font : arial rounded mt bold, size : 25pt, warna hitam, lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya:

Selanjutnya, kamu tambahkanlah teks dengan settingan sebagai berikut; jenis font : arial rounded mt bold, size : 15pt, warna hitam.

Langkah 25
Selanjutnya buatlah layer baru, kamu buat pihak penyelenggara, masukan rectangle marquee tool dibagian bawah, masukan warna hitam, kemudian tekanlah tombol Alt + Delete (pastikanlah warna foreground backgroundnya hitam putih). Lihat gambar dibawah:

Masukan teks Toko buku PalComTech dengan settingan sebagai berikut; jenis font : arial rounded mt bold, size : 25pt, warna putih.

Dan hasilnya…

Oke, semoga tutorial cara membuat brosur dengan Photoshop CS3 diatas dapat bermanfaat buat teman2 semua. Untuk sumber tutorial panduan diatas berasal dari M. Agus Raisdi http://news.palcomtech.com/2010/10/mendesain-brosur-dengan-photoshop-cs3/ dan Untuk gambar laptop dan buku kamu bisa mencarinya di internet.

No comments:

Post a Comment